Jumat, 13 Januari 2017

Silabus

S I L A B U S


Sekolah                     : SMP Negeri 1 Ciomas
Mata pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas                         : VII ( Tujuh )
Alokasi waktu          : 6 jam pelajaran/minggu

KI1 Menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1   Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)    yang didengar dan dibaca.

4.1   Menentukan  isi teks  deskripsi   objek (tempat wisata,  tempat bersejarah, suasana pentas seni daerah, dll)  yang didengar dan dibaca.

Teks  deskripsi
·   Pengertian teks deskripsi
·   Isi teks deskripsi
·   Ciri umum teks deskripsi
·   Struktur teks deskripsi
·   Kaidah kebahasaan

·      Mengamati model-model teks deskripsi.
·      Merumuskan pengertiaan dan menjelaskan isi teks deskripsi
·      Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
·      Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
·      Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya.

3.2   Menelaah struktur  dan kaidah kebahasaan dari  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)     yang didengar dan dibaca.
4.2  Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk  teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata,  tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah)  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan baik secara lisan dan tulis
·   Struktur teks deskripsi dan contoh-contoh telaahannya.
·   Kaidah-kaidah kebahasaan teks eksposisi dan contoh-contoh telaahannya.
·   Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi.
·   Teknik penyuntingan teks deskripsi.

·         Mengamati model struktur dan kaidah-kaidah teks deskripsi.
·      Membaca teks deskripsi untuk ditelaah struktur dan kaidah-kaidah kebahasaannya.
·      Menyajikan teks deskripsi berdasarkan hasil pengamatan terhadap sebuah objek lingkungan.
·      Melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi teman.

3.3   Mengidentifikasi  unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yang dibaca dan didengar
4.3   Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca



·   Pengertian dan contoh-contoh teks narasi (cerita fantasi)
·   Unsur-unsur teks cerita narasi.
·   Struktur teks narasi.
·   Kaidah kebahasaan teks narasi.
·   Kalimat langsung dan kalimat tidak langsung
·   Penceritaan kembali isi teks narasi
·         Mengamati model-model teks narasi.
·         Mendaftar isi, kata ganti, konjungsi  (kemudian, seketika, tiba-tiba, sementara itu), kalimat yang menunjukkan rincian latar, watak, peristiwa, kalimat langsung dan tidak langsung pada teks cerita fantasi
·         Mendiskusikan ciri umum teks cerita fantasi, tujuan komunikasi cerita fantasi, struktur teks  cerita fantasi
·         Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum cerita fantasi tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis cerita fantasi, struktur cerita fantasi
·         Menceritakan kembali dengan cara naratif

3.4  Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita fantasi)  yang dibaca dan didengar
4.4     Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur dan penggunaan bahasa
·   Struktur teks cerita fantasi (orientasi, komplikasi, resolusi)
·   Kebahasaan teks cerita fantasi
·   Prinsip memvariasikan teks cerita fantasi
·   Ejaan dan tanda baca
·   Langkah-langkah menulis cerita fantasi
·         Mendata struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi
·         Mendiskusikan prinsip memvariasikan cerita fantasi, penggunaan bahasa pada cerita fantasi, penggunaan tanda baca/ ejaan
·         Mengurutkan bagian-bagian  cerita fantasi, memvariasikan cerita fantasi (misal: mengubah narasi menjadi dialog, mengubah alur, mengubah akhir cerita dll), melengkapi, dan menulis cerita fantasi sesuai dengan kreasi serta memperhatikan ejaan dan tanda baca
·         Mempublikasikan karya cerita fantasi/mempresentasikan   karya


3.5   Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.5   Menyimpulkan  isi teks  prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar yang dibaca dan didengar 

Teks prosedur
·   Ciri umum teks  prosedur
·   Struktur teks:
Tujuan, bahan, alat langkah, 
·   Ciri kebahasaan:
   kalimat perintah, kalimat saran, kata benda, kata kerja, kalimat majemuk  (dengan, hingga, sampai), konjungsi urutan  (kemudian, selanjutnya, dll)
·   Simpulan isi teks prosedur
·         Mendaftar kalimat perintah, saran, larangan pada teks prosedur
·         Mendaftar kalimat yang menunjukkan  tujuan, bahan, alat,  langkah-langkah
·         Mendiskusikan ciri umum teks  prosedur, tujuan komunikasi,  struktur, ragam/ jenis teks prosedur, kata/ kalimat yang digunakan pada teks prosedur, isi teks prosedur
·         Menyampaikan secara lisan hasil diskusi ciri umum teks prosedur, tujuan komunikasi, dan ragam/ jenis teks prosedur
3.6  Menelaah struktur dan aspek kebahasaan  teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu  dan cara membuat (cara  memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, membuat cindera mata,  dll.)  dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar

4.6  Menyajikan  data rangkaian kegiatan  ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis

·   Variasi  pola penyajian tujuan, bahan/ alat langkah
·   Variasi kalimat perintah/ saran/ larangan
·   Prinsip penyusunan kalimat perintah
·   Pilihan kata dalam   penyusunan teks prosedur
·   Prinsip penggunaan kata/ kalimat/ tanda baca dan ejaan
·         Mendata jenis-jenis dan variasi  pola penyajian tujuan, bahan dan alat, langkah teks prosedur
·         Menyusun teks prosedur dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi
•   Menyunting dan memperbaiki teks prosedur yang ditulis dari segi isi, pilihan kata/ kalimat/ paragraf dan penggunaan tanda baca/ ejaan
•   Memublikasikan teks prosedur yang dibuat

3.7   Mengidentifikasi informasi dari   teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan  yang dibaca atau diperdengarkan
4.7  Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa  buku pengetahuan yang dibaca dan didengar
Teks laporan hasil observasi
·   Daftar informasi isi teks laporan hasil observasi (LHO)
·   Penggunaan bahasa dalam laporan hasil observasi
·   Ciri umum laporan
·      Mendaftar dan mendiskusikan informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian  dalam teks laporan observasi.
·      Merinci isi  teks LHO (bagian definisi/ klasifikasi, deskripsi bagian, penegasan)
·      Menyajikan hasil diskusi tentang isi bagian dan gagasan pokok yang ditemukan pada teks LHO
·      Menyimpulkan isi  teks laporan hasil observasi
3.8  Menelaah  struktur, kebahasaan, dan isi   teks laporan hasil observasi yang berupa buku  pengetahuan  yang dibaca atau diperdengarkan
4.8  Menyajikan  rangkuman teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan kaidah kebahasaan atau aspek lisan
·   Struktur teks LHO
·   Variasi  pola penyajian  teks LHO
·   Variasi kalimat  definisi, variasi pola penyajian teks LHO

·      Mendiskusikan struktur, kebahasaan, da nisi teks LHO
·      Mendata jenis-jenis dan variasi  pola penyajian definisi, klasifikasi, deskripsi bagian
·      Merangkum teks LHO
·      Mempresentasikan teks LHO yang ditulis


SEMESTER 2
3. Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4. Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
Literasi buku fiksi dan nonfiksi
·   Unsur-unsur buku
·   Cara membaca buku dengan SQ3R, yaitu
1) Survey atau meninjau,
2) Question atau bertanya, 3) Read atau membaca,
4) Recite atau menuturkan,
5) Review atau mengulang
·   Cara membuat rangkuman
·         Mendata sub-bab buku
·         Membaca garis besar isi subbab
·         Menentukan gagasan pokok isi buku
·         Membuat peta pikiran isi buku
·         Mempresentasikan hasil peta pikiran isi buku yang dibaca

3.10 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.10 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca

·   Hubungan antarunsur buku
·   Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca
·         Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi, penggunaan bahasa dalam buku, dan sistematika buku
·         Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, sistematika, kebermaknaan buku, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan
·         Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca

3.11  Mengidentifikasi  informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.11  Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan

Surat pribadi dan surat dinas
·   Informasi isi surat pribadi, surat dinas
·   Isi surat pribadi dan dinas
·   Simpulan isi surat pribadi dan dinas


·         Mendata isi surat pribadi dan surat dinas
·         Mendiskusikan isi surat pribadi dan dinas
·         Menyimpulkan isi  surat pribadi dan surat dinas

3.12  Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
4.12  Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks,  kebahasaan, dan isi.
·   Unsur-unsur surat pribadi dan dinas
·   Kebahasaan surat priadi dan dinas
·   Cara menulis surat pribadi dan dinas





·         Mengidentifikasi unsur-unsur surat pribadi dan sistematika surat dinas
·         Mendiskusikan karakteristik bahasa dan urutan surat pribadi dan dinas
·         Menulis surat pribadi sesuai tujuan penulisan
·         Menulis surat dinas sesuai dengan sistematika dan bahasa surat dinas
3.13 Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, dan pilihan kata) dari puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.13  Menyimpulkan isi puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang disajikan dalam bentuk tulis
Puisi rakyat
·   Ciri puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·   Cara menyimpulkan isi pada  pantun, gurindam, dan syair
·         Mendiskusikan ciri umum dan tujuan komunikasi puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·         Mendaftar kalimat perintah, saran, ajakan, larangan, kalimat pernyataan,   kalimat majemuk  dan kalimat tunggal dalam  puisi rakyat (pantun, gurindam, syair)
·         Menyimpulkan ciri umum, tujuan komunikasi,  ragam/ jenis puisi rakyat,  kata/ kalimat yang digunakan pada  puisi rakya (pantun, gurindam, syair)

3.14  Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.14  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa

·   Pola pengembangan isi  pantun, gurindam, dan syair
·   Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun

·      Menyimpulkan prinsip pengembangan  pantun, gurindam, dan syair, penggunaan konjungsi (kalau, jika, agar, karena itu, dll)  pada  pantun, gurindam, dan syair
·         Memvariasikan, melengkapai isi, menurutkan, dan menulis  pantun, gurindam, dan syair
·         Mendemonstrasikan berbalas pantun secara berkelompok

3. 15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
4. 15 Menceritakan kembali isi fabel/ legenda daerah setempat

Fabel/ legenda
·   Ciri cerita fabel/ legenda
·   Langkah memahami isi cerita fabel
·   Langkah menceritakan kembali isi fabel/ legenda
·      Mencermati cerita rakyat (fabel dan legenda) yang berasal dari daerah setempat.
·      Mendata kata ganti, kata kerja, konjungsi,  kalimat langsung dan tidak langsung, tema, alur, karakter tokoh, latar, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa pada fabel/ legenda
·      Berlatih  menceritakan isi fabel/ legenda yang dibaca
·         Menceritakan kembali isi fabel/legenda yang dibaca

3.1Menelaah  struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.

4.16  Memerankan isi fabel/legenda   daerah setempat yang dibaca dan didengar.

·   Struktur  teks fabel/legenda: 
1.     orientasi
2.     komplikasi
3.     resolusi
4.     koda
·   Teknik penggambaran tokoh
·   Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat
·         Mendiskusikan struktur teks fabel/ legenda dan kebahasaan yang digunakan (variasi penyajian, variasi pola pengembangan)
·         Mendata isi, memperbaiki pilihan kata, kalimat narasi, dialog, penyajian latar agar cerita menjadi lebih menarik
·         Menulis   fabel/ legenda berdasarkan  ide yang direncanakan dan data yang diperoleh
·         Memerankan dan menceritakan fabel/ legenda yang berasal dari daerah setempat.




Diketahui oleh,                                                                               Ciomas,   Juli  2016
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran




H. TISNA SUPENA, S.Pd                                                                HAIRIL MUNAWAR
NIP. 196003131980031003                                                            NIP. 198005032008011011

















S I L A B U S


Sekolah                      : SMP Negeri 1 Ciomas
Mata pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                          : VIII ( Delapan )
Alokasi waktu           : 6 jam pelajaran/minggu

KI1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI2 Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
3.1  Mengidentifikasi unsur-unsur  teks berita  (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
4.1  Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
·    Pengertian teks berita
·    Unsur-unsur berita
(5 W + 1H)
·    Ringkasan dan penyimpulan berita.
·    Langkah-langkah menyimpulkan pokok-pokok berita.
·    Tanggapan terhadap isi berita.
·         Mengamati teks berita, baik yang diperdengarkan atau ditayangkan.
·         Mendiskusikan hasil membaca untuk memeroleh pemahaman tentang unsur-unsur berita
·         Mendiskusikan langkah-langkah menentukan pokok-pokok/unsur-unsur berita
·         Merumuskan ringkasan/kesimpulan unsur-unsur teks berita yang dibaca
·         Menanggapi  berita

3.2  Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi)  yang didengar dan dibaca berita

4.2  Menyajikan data,  informasi dalam bentuk berita  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,  atau  aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik).
·    Struktur teks berita
-   Kepala berita (lead)
-   Tubuh berita
-   Ekor berita
·    Kaidah-kaidah  kebahasaan teks berita.
·    Bahasa baku dan tidak baku (pengayaan)




·         Membaca berbagai sumber untuk memahami struktur teks berita, kaidah kebahasaan (bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bawah, konjungsi temporal dan kronologis, keterangan waktu, kata kerja mental) yang digunakan dalam menulis  bagian-bagian teks berita
·         Mendata objek dari berbagai sumber tentag berita, bahan, dan cara/langkah-langkah kegiatan yang  disusun menjadi teks berita
·         Menulis teks berita dengan memperhatikan unsur-unsur berita dan polapenyajiannya
·         Membacakan teks berita yang ditulis
3.3   Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
4.3   Menyimpulkan isi iklan, slogan, atau poster (membanggakan dan memotivasi) dari berbagai sumber
·    Pengertian dan Teks iklan, slogan, poster
·    Unsur-unsur teks Iklan, slogan, poster
·    Penyimpulan maksud suatu iklan.
·    Menceritakan kembali iklan.

·         Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster
·       Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster
·       Mendiskuskan simpulan isi teks iklan, slogan, atau poster
·         Mempresentasikan isi teks iklan, slogan, atau poster


3.4  Menelaah pola penyajian dan kebahasaan   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar
4.4   Menyajikan  gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster  secara lisan dan  tulis.
·    Unsur-unsur iklan, slogan, dan poster.
·    Cara menyusun teks iklan, slogan, poster

·         Mendiskusikan ciri-ciri atau komponen dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster berdasarkan teks  iklan, slogan, atau poster yang dibaca/didengar/ disaksikan
·         Menganalisis langkah-langkah penulisan iklan, slogan atau poster
·         Merumuskan konteks iklan, slogan, atau poster sesuai dengan keperluan untuk bahan penulisan slogan dan/poster
·         Menulis iklan, slogan, atau poster berdasarkan konteks yang telah dirumuskan
·         Mempresentasikan iklan, slogan, dan/atau poster yang ditulis dengn berbagai variasi

3.5  Mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang didengar dan dibaca yang didengar dan dibaca.
4.5   Menyimpulkan isi teks eksposisi  (artikel ilmiah populer dari koran dan majalah) yang diperdengarkan dan dibaca.
Pengertian teks eksposisi
·    Unsur-unsur teks eksposisi: gagasan dan fakta-fakta.
·    Pola-pola pengembangan teks eksposisi
·    Simpulan teks eksposisi berdasarkan gagasan utamanya.
·    Jenis-jenis paragraf dalam teks eksposisi.

·      Mengamati teks eksposisi untuk merumuskan pengertiannya.
·      Mendata  dan merumuskan unsur-unsur teks eksposisi yang meliputi gagasan dan fakta dan pola pengembangannya
·      Mengakaji  hubungan bagian-bagian struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
·       Menelaah dan informasi isi teks sesuai dengan bagian-bagian teks eksposisi
·       Menyimpulkan isi teks eksposisi hasil diskusi


3.6  Menelaah isi dan struktur  teks eksposisi (berupa artikel ilmiah populer dari koran/ majalah) yang diperdengarkan atau dibaca
4.6  Menyajikan gagasan, pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi berupa yang artikel ilmiah populer (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, aspek lisan

Struktur teks eksposisi
·    Kaidah  teks ekposisi
·    Langkah-langkah menyusun teks eksposisi.
·    Menyan-ting teks eksposisi.




·         Mendiskusikan struktur dan penggunaan kaidah bahasa teks ekspoisi
·         Menyusun kerangka teks ekspoisi berdasarkan struktu, kaidah bahasa,  ciri kebahasaan, dan pola pengembangan kebahasaan berdasarkan  objek yang akan ditulis
·         Menulis teks ekposisi
·         Mempresentasikan  teks eksposisi

3.7  Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
4.7  Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi  yang diperdengarkan atau dibaca
Pengertian teks puisi
·    Unsur-unsur pembentuk  teks puisi
·    Simpulan isi, unsur-unsur pembangun teks puisi, dan jenis-jenisnya.
·    Periodesasi puisi (Pengayaan)

·      Mengamati model-model teks puisi.
·      Merumuskan pengertiaan puisi.
·      Mendiskusikan isi teks puisi yang dibaca.
·      Mendiskusikan unsur-unsur pembangun puisi dan jenis-jenisnya.
·      Mempresentasikan hasil diskusi

3.8  Menelaah unsur-unsur pembangun teks puisi (perjuangan, lingkungan hidup, kondisi sosial, dan lain-lain) yang diperdengarkan atau dibaca.
 4.8  Menyajikan gagasan, perasaan, pendapat dalam bentuk teks puisi  secara tulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi
Unsur lahir (bentuk) dan batin (makna) puisi.
·    Pengungkapan gagasan, perasaan, pandangan penulis
·    Pembacaan puisi (ekspresi, lafal, tekanan, intonasi)
·      Merumuskan unsur-unsur pembentuk teks puisi
·      Mengidentifikasi isi, penggunaan bahasa, kata-kata (konotasi dan denotasi) dalam teks puisi
·      Menulis puisi berdasarkan konteks 
·      Membacakan puisi yang ditulis dan menanggapinyai


3.9  Mengidentifikasi informasi dari teks ekplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis.
4.9  Meringkas  isi  teks eksplanasi yang berupa proses terjadinya suatu fenomena dari  beragam  sumber yang didengar  dan dibaca .
Pengertian teks eksplanasi
·    Ciri-ciri teks eksplanasi berdasar-kan pola/ struktur teks eksplanasi
·    Gagasan umum dalam teks eksplanasi.
·    Langkah-langkah  meringkas isi teks eksplanasi berdasar-kan gagasan umumnya
·         Mengamati suatu model teks eksplanasi.
·         Menyimpulkan pengertian, ciri-ciri berdasarkan pola/struktur teks eksplanasi
·         Mendata gagasan umum dam teks  eksplanasi.
·         Meringkas isi teks ekplanasi
·         Memajang ringkasan teks eksplanasi.


3.10 Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca.
4.10 Menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Ragam isi teks eksplanasi
·    Struktur teks eksplanasi
·    Kaidah teks eksplanasi.
·    Pola-pola pengembangan teks eksplanasi.
·         Mengamati model-model teks eksplanasi.
·         Mendata isi, struktur, dan kaidah teks eksplanasi.
·         Mendata peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan peserta didik tinggal sebagai bahan menulis teks eksplanasi.
·         Menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka/pola  yang telah dirancang.
·         Memajang teks eksplanasi yang disusun dan ringkaannya


3.11 Mengidentifikasi  informasi pada teks  ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau diperdengarkan
4.11 Menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang dibaca atau didengar.
·    Pengertian teks ulasan
·    Macam-macam teks ulasan berdasar-kan isinya
·    Maksud/ arti penting teks ulasan
·    Kelebihan/ kelemahan dalam teks ulasan.
·         Mengamati suatu model teks ulasan.
·         Berdiskusi tentang pengertian dan macam-macam isi teks ulasan.
·         Mendiskusikan maksud dan cara mengungkapkan kelebihan dan kekurangan teks ulasan
·         Menuliskan informasi berupa pernyataan kelebihan dan kekurangan benda yang terdapat pada teks ulasan.
·         Membacakan kelebihan produk, karya, benda pada teks ulasan yang diidentifasi
3.12 Menelaah struktur  dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca
4.12  Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dll.) dalam bentuk teks ulasan  secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan
Struktur teks ulasan:
1. orientasi
2. tafsiran                     3. rangkuman
4. evaluasi                    
·    Kaidah kebahasa-an teks ulasan.
·    Cara menulis teks ulasan
  

·         Mendiskusikan struktur, bahasaan, dan isi teks ulasan produk, karya, atau benda.
·         Mendata keunggulan dan kelemahan/kekurangan produk, karya, atau benda tertentu sebagai bahan menulis teks ulasan.
·         Menulis teks ulasan dengan memperhatikan struktur, kaidah-kaidah bahasa,  dan data produk, karya, atau benda.
·         Memajang teks ulasan untuk dikomentari peserta didk lain (perorangan/kelompok)

3.13 Mengidentifikasi jenis  saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
4.13 Menyimpulkan  isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.
·    Pengertian dan is teks persuasi.
·    Ajakan-ajakan dalam teks persuasi.
• Langkah-langkah penyusunan kesimpulan.
·         Mengamati model-model teks persuasi.
·         Berdiskusi tentang informasi pada teks persuasi yang didengarkan/ dibaca dan cara menyajikan ulang isinya
·         Merumuskan informasi yang terdapat pada teks persuasi sesuai dengan bagian-bagian teks persuasi
·         Menyimpulkan cara menyajikan informasi isi teks persuasi


3. 14 Menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) dari berbagai sumber yang didengar dan dibaca
4.14 Menyajikan teks persuasi (saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan
·    Struktur dan unsur kebahasa-an teks persuasi
·    Menggunakaan konjungsi supaya dan selagi (pengayaan)

·    Cara menyajikan teks persuasi

·    Penyiapan bujukan/ ajakan.

·    Memper-hatikan struktur/ kaidah teks ulasan

·         Mendiskusikan struktur, kebahasaan, dan isi teks persuasi
·         Mendata permasalahan aktual yang perlu diangkat untuk diberi masukan sebagai bahan menulis teks persuasi
·         Mendiskusikan cara menyusun teks persuasi tentang masalah aktual tertentu dengan memperhatikan gagasan utama, alasan dan bukti, saran, arahan, atau ajakan, serta unsur kebahasaan yang digunakan
·         Menulis teks persuasi sesuai dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan teks persuasi
·         Mempresentasikan teks persuasi yang ditulis

3.15 Mengidentifikasi unsur-unsur  drama (tradisional dan moderen) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah.
4.15 Menginterprestasi drama (tradisional dan modern) yang dibaca dan ditonton/ didengar

·    Pengertian/karakteris-tik  teks drama
·    Unsur-unsur  teks drama
·    Penjelasan isi drama
·    Tanggapan atas drama
·         Memperhatikan suatu model teks drama
·         Merumuskan pengertian/karakteristik  drama.
·         Mendiskusikan unsur-unsur dan isi drama
·         Mengidentifikasi isi drama
·         Menanggapi dan melaporkan secara lisan dan atau tulis isi drama yang ditonton

3.16 Menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dalam teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.
4.16 Menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah
·    Karakteris-tik teks drama berdasar-kan struktur dan kaidahnya.
·    Cara menulis naskah drama dari karya yang sudah ada dan yang orisinal.
·    Langkah-langkah pementas-an drama
·         Mendiskusikan karakteristik unsur drama dan kaidah kebahasaan teks drama
·         Mendiskusikan cara menulis teks drama dan penyajiannya
·         Menulis teks drama
·       Mementaskan drama secara berkelompok

3.17 Menggali dan menemukan informasi dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca

4.17 Membuat peta konsep/ garis alur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
·    Keragaman informasi dalam buku fiksi/ nonfiksi.
·    Informasi buku melalui indeks.
·    Catatan tentang isi buku.
·    Teknik-teknik membaca. 

·         Mendiskusikan informasi dan peta konsep alur dalam buku fiksi dan non fiksi
·         Membuat peta konsep alur dari buku fiksi dan nonfiksi
·         Mempresentasikan informasi peta konsep alur buku fiksi dan nonfiksi

3.18 Menelaah unsur  buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.18 Menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca  secara lisan/ tertulis
·    Ungkapan dalam buku fiksi.
·    Unsur-unsur menarik dalam buku fiksi.
·    Daya tarik bacaan
·    Mendiskusikan isi buku.

·            Mendiskusikan unsur kebahasaan dalam buku fiksi.
·            Membuat tanggapan terhadap buku fiksi.
·            Menyajikanan tanggapan terhadap buku fiksi.
·            Memberikan  komentar terhadap tanggapan terhadap buku fiksi.




















































S I L A B U S


Sekolah                      : SMP Negeri 1 Ciomas
Mata pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                          : IX ( Sembilan )
Alokasi waktu           : 6 jam pelajaran/minggu

KI1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan  percobaan yang dibaca dan didengar  (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).
4.1 Menyimpulkan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/atau dibaca


·      Fungsi teks laporan
·      Pengertian teks laporan
·      Model teks laporan (pengamatan, percobaan/ eksperimen)
·      Simpulan tujuan, bahan/alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan yang didengar dan/ atau dibaca

·   Menjelaskan isi informasi laporan percobaan
·   Membaca dan menyimpulkan ragam model teks laporan percobaan (variasi pengklasifikasian dan pendeskripsian)
·   Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat, tanda baca/ ejaan
·   Menyampaikan isi  informasi tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan





3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan dari teks laporan percobaan yang didengar atau dibaca (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll)
4.2 Menyajikan tujuan, bahan/ alat, langkah, dan hasil dalam laporan percobaan  secara tulis dan lisan dengan memperhatikan kelengkapan data, struktur, aspek  kebahasaan, dan aspek lisan

·      Struktur teks laporan.
·      Ciri-ciri kebahasaan teks laporan: Kalimat aktif, kata tugas, kosakata teknis bidang ilmu; penulisan unsur serapan.
·      Model teks laporan percobaan.

·   Meyimpulkan struktur  dan ciri kebahasaan  teks laporan
·   Mendiskusikan komponen teks laporan (pernyataan umum/klasifikasi)
·   Menerapkan pemahaman struktur teks laporan melalui latihan dan membuat teks laporan percobaan
·   Menyajikan kompetensi teks laporan percobaan secara jujur dan cermat


3.3 Mengidentifikasi gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.3  Menyimpulkan gagasan,  pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan/atau dibaca

·      Teks pidato persuasif

·      Simpulan gagasan, pandangan, arahan, atau pesan dalam pidato


·   Mendata  gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato
·   Menjelaskan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato dari sudut pandang tertentu
·   Menyimpulkan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato




3.4 Menelaah struktur dan ciri kebahasaan pidato persuasif tentang permasalahan aktual yang didengar dan dibaca
4.4   Menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.


·      Struktur teks  (pidato persuasif)
·      Ciri-ciri kebahasaan teks pidato:kalimat aktif,  kata tugas,  kosakata emotif, kosakata bidang ilmu, sinonim, kata benda abstrak, pembendaan.
·      Model teks pidato persuasif


·   Menyimpulkan struktur teks pidato persuasif
·   Menyimpulkan ciri kebahasaan  teks  pidato persuasif
·   Menyusun  teks  pidato persuasif
·   Menyajika pidato persuasif secara menarik



3.5  Mengidentifikasi  unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
4.5  Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar
·      Unsur pembangun karya sastra (cerpen)
·      Model teks narasi (cerpen.)




·   Mendata unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar
·   Menjelaskan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek
·   Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari teks  cerita pendek yang dibaca atau didengar

3.6  Menelaah  struktur  dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar.
4.6  Mengungkapkan pengalaman dan gagasan dalam bentuk cerita pendek dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

·      Struktur teks narasi (cerpen)
·      Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas.
·      Model teks narasi cerpen.

·   Menjelaskan struktur  dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar
·   Menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan pengalaman atau gagasan
·    Menyusun cerita pendek berdasarkan kerangka dengan memperhatikan struktur teks dan kebahasaan



3.7  Mengidentifikasi informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
4.7   Menyimpulkan isi teks  tanggapan berupa  kritik  atau pujian  (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca.


·      Fungsi teks tanggapan
·      Model teks tanggapan
·      Simpulan isi teks tanggapan berupa kritik atau pujian



·   Mendata informasi berupa kritik  atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca
·   Menanggapi  isi informasi dengan alasan yang logis disertai bukti pendukung (hasil penelitian, data nasinal, dll)
·   Menyimpulkan informasi tentang teks tanggapan (puji, kritik) terhadap sesuatu.


3.8   Menelaah  struktur dan kebahasaan  dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan/atau  dibaca.
4.8   Mengungkapkan  kritik, sanggahan, atau pujian dalam bentuk teks tanggapan  secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
·      Struktur teks tanggapan
·      Ciri-ciri kebahasaan teks tanggapan :
kalimat aktif,  kata tugas,  bahasa deskripsi, bahasa penilaian.
·      Model teks tanggapan (puji, kritik)


·   Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks tanggapan
·   Merancang teks tanggapan
·   Menulis  teks tanggapan (puji, kritik)


3.9   Mengidentifikasi  informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar

4 .9  Menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi yang didengar dan dibaca.


·      Fungi teks diskusi
·      Contoh  Teks Diskusi
·      Simpulan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra terhadap teks diskusi


·   Mendata informasi teks diskusi berupa pendapat pro dan kontra dari permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
·   Menjelaskan dan menyimpulkan isi gagasan, pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi

3.10 Menelaah  pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra dalam teks diskusi berkaitan dengan permasalahan aktual yang dibaca dan didengar
4.10 Menyajikan gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek  kebahasaan, dan aspek lisan (intonasi, gesture, pelafalan).



·      Struktur teks diskusi:
Pendahuluan;
Gagasan utama;
Alasan dan bukti pendukung, satu sudut pandang;
Gagasan utama—sudut pandang lain;
Alasan dan bukti pendukung, sudut pandang lain;

·      Kebahasaan:
Piranti kohesi dan koherensi, kata tugas, modalitas, kosakata evaluatif, kosakata emotif

·   Menyimpulkan struktur dan ciri kebahasaan teks diskusi.
·   Menulis teks diskusi berisi gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual  dalam teks diskusi dengan memperhatikan struktur dan aspek  kebahasaan
·   Melakukan  diskusi berisi gagasan/ pendapat, argumen yang mendukung dan yang kontra serta solusi atas permasalahan aktual

3.11 Mengidentifikasi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.
4.11 Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk  cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.

·      Fungsi teks narasi.
·      Model teks narasi cerita inspiratif.
·      Simpulan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk cerita inspiratif


·   Mendata isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif yang dibaca dan didengar.
·   Menanggapi isi ungkapan simpati, kepedulian, empati, atau perasaan pribadi dari teks cerita inspiratif dengan alasan yang logis
·    Menyimpulkan isi ungkapan simpati, kepedulian, empati atau perasaan pribadi dalam bentuk  cerita inspiratif


3.12 Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi  teks cerita inspiratif.
4.12 Mengungkapkan rasa simpati, empati, kepedulian, dan perasaan dalam bentuk cerita inspiratif dengan memperhatikan struktur cerita dan aspek kebahasaan
·      Struktur teks narasi.
·      Ciri-ciri kebahasaan teks narasi: kata/kalimat deskriptif,  kata ekspresif,  majas
·      Model teks narasi cerita inspiratif.



·   Menyimpulkan struktur dan kebahasaan  teks narasi cerita inspiratif
·   Membuat rancangan cerita inspiratif berisi ungkapan simpati, empati, kepedulian, dan perasaan
·   Menulis cerita inspiratif  berdasarkan rancangan dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan
·   Memublikasikan `hasil karya cerita inspiratif


LITERASI BUKU FIKSI DAN NONFIKSI
3.13 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.13 Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
Literasi buku fiksi dan nonfiksi
·      Unsur-unsur buku
·      Cara membaca buku dengan SQ3R
·      Cara membuat rangkuman
·   Mendata sub-bab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku
·   Menentukan tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita
·   Membuat peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa 


3.14 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.14 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca.

·      Hubungan antarunsur buku
·      Contoh penyusunan tanggapan

·      Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca
·   Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi,   penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi
·   Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat),  kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan
·   Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca
·   Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca

3.15Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca
4.15 Membuat peta pikiran/ rangkuman alur tentang isi buku nonfiksi/ buku fiksi yang dibaca
Literasi buku fiksi dan nonfiksi
·      Unsur-unsur buku
·      Cara membaca buku dengan SQ3R
·      Cara membuat rangkuman
·   Mendata sub-bab buku, garis besar isi subbab, rincian isi buku
·   Menentukan tokoh, rentetan peristiwa (alur), latar, amanat yang terdapat pada cerita
·   Membuat peta isi cerita dalam buku sesuai dengan kreativitas siswa 


3.16 Menelaah hubungan unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.16  Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi nonfiksi yang dibaca

·      Hubungan antarunsur buku
·      Contoh penyusunan tanggapan

·      Langkah menyusun tanggapan terhadap buku yang dibaca
·   Mendata  bagian isi yang akan ditanggapi,   penggunaan bahasa, unsur intrinsik cerita, dan bagian-bagian buku fiksi
·   Menyusun tanggapan  dalam bentuk komentar terhadap isi, unsur pembangun cerita (alur, tokoh, tema, latar, amanat),  kebermaknaan buku, pilihan kata, gaya bahasa, penggunaan bahasa, dan tanda baca/ ejaan
·   Menyajikan komentar terhadap buku fiksi yang dibaca
·   Memublikasikan komentar terhadap buku  yang dibaca








0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html